Minggu, 07 April 2013

Alasan Kita Harus Bangga jadi Orang Indonesia


Sebenernya Indonesia adalah negara yang sangat kaya, betul-betul kaya. Kekayaan alamnya mungkin tidak ada bandingannya di dunia ini. Posisinya juga sangat strategis dalam percaturan politik dunia. Bila diibaratkan Indonesia itu bila diembargo oleh seluruh negara lain di dunia, penduduknya masih hidup dengan aman dan nyaman karena segalanya ada disini.
Oleh karena itu kita harus bangga menjadi orang Indonesia. Terus apa sih yang bisa kita banggain dari negeri bernama Indonesia itu. Sebenernya banyak banget hal yang bisa kita banggain, namun disini ane coba tampilkan berdasar pengamatan ane. Kebanggaan ini enggak cuma membanggakan hasil sumber daya alam kita yang seolah enggak ada habisnya, tapi juga membanggakan sumber daya manusianya yang luar biasa cerdas.
1. Indonesia merupakan penghasil emas terbaik dan terbesar di dunia
Tahukah anda emas-emas mahal yang bertebaran di luar negeri dengan harga selangit itu diambil dari tanah kita, Papua. Dan pengeruk emas kita yang sangat berharga itu adalah PT. Freeport milik Amerika. Meskipun bisa dikatakan mereka mencuri kekayaan alam kita, namun yang perlu kita banggakan adalah kualitas emas Papua tidak ada bandingannya di dunia.
2. Indonesia, negara dengan cadangan gas alam terbesar di dunia
Selain penghasil emas terbaik dan terbesar di dunia, Indonesia juga memiliki cadangan gas alam yang paling besar di dunia yang berada di Blok Natuna. Tahu berapa banyak cadangan gas alam yang tersimpan di Blok Natuna? Blok Natuna D Alpha memiliki cadangan gas alam sebesar 200 Triliun Kubik gas. Selain Blok Natuna, Indonesia masih memiliki blok-blok penghasil gas alam lainnya seperti Blok Cepu,dll. Sayang, pengelola kekayaan kita itu lagi-lagi adalah perusahaan asal Amerika, Exxon Mobil.
3. Negara dengan hutan tropis terbesar di dunia
hutan tropis indonesia
Hutan tropis Indonesia terletak di Sumatera,Kalimantan,dan Sulawesi. Hutan tropis Indonesia memiliki keanekaragaman hayati terbanyak di dunia. Seandainya seluruh hutan di Indonesia dibabat habis, maka ketersediaan oksigen di dunia ini akan menipis dan membuat kehidupan manusia di ambang kehancuran. Sepenting itulah Indonesia bagi kehidupan umat manusia. Bangga kan?
4. Indonesia adalah negara dengan lautan terluas di dunia
Sebagai negara yang dikelilingi oleh dua samudra besar, Hindia dan Pasifik. Indonesia sudah barang tentu menjadi negara maritim terbesar di dunia. Saking luas dan kayanya lautan Indonesia, sampai-sampai nelayan dari negara lain ikut-ikutan memanen hasil laut kita.
5. Indofood merupakan produsen mie terbesar di dunia
Perusahaan asal Indonesia, Indofood, merupakan produsen mie terbesar di dunia. Hebatnya perusahaan ini mampu mengekspor mie hingga ke Australia,Eropa,dan Amerika.
6. Gamelan jadi mata pelajaran di negara lain
Gamelan yang merupakan permainan musik khas Indonesia yang lebih terpusat di daerah Jawa menjadi mata pelajaran bagi pelajar di negara lain. Di Singapura, Gamelan menjadi mata pelajaran wajib hampir di seluruh negara bagian Singapura. Sedang di New Zealand, Gamelan telah menjadi kurikulum tetap di New Zealand School of Music. Di Amerika dan Jepang, Gamelan jadi bahan pembelajaran di universitas. Lalu bagaimana dengan Indonesia? Sudahkah kita sebagai generasi muda peduli dengan warisan budaya nenek moyang kita?
7. Boneka Barbie diproduksi di Indonesia
Pabrik manufaktur yang membuat barbie cuma ada dua di dunia ini, China dan Indonesia. Lalu setelah diproduksi barbie itu lalu dipasarkan ke seluruh dunia. Pabrik barbie di Indonesia berlokasi di Cikarang,Jawa Barat.
8. Airbridge pertama diciptakan oleh orang Indonesia
Airbridge atau tangga belalai merupakan jalan untuk menuju pesawat yang berbentuk seperti lorong. Airbridge yang sekarang ngetrend di seluruh bandara-bandara di dunia itu ternyata awalnya diciptakan oleh perusahaan asli Indonesia, PT Bukaka.
9. Presiden Indonesia ke-3 Ahli Penerbangan Dunia
Udah nonton belum film Habibie & Ainun yang berdasarkan kisah nyata mantan Presiden Indonesia ke-3 B.J. Habibie. Pria yang dijuluki sebagai ‘MR.Crack” ini karena mampu memperhitungkan secara detik perambatan retak pada pesawat hingga ke tingkat perhitungan atom. B.J. Habibie memiliki 46 paten dalam bidang aeronautika (penerbangan).

2 komentar: