Selasa, 29 Januari 2013

Program-program dalam kewirausahaan

 Kegiatan wirausaha atau entrepreneur terus berkembang pesat dari waktu ke waktu, seiring meningkatnya keinginan masyarakat untuk menyejahterahkan dirinya.
Hal itu, sejalan dengan rencana pemerintah maupun pihak swasta yang giat menggalakkan program pengembangan wirausaha nasional agar bisa bersaing dengan pihak asing dalam mendukung pertumbuhan ekonomi ke depan.
Melihat perkembangan pesat ini, Gubernur Bank Indonesia Darmin Nasution mengungkapkan, jumlah wirausaha baru hingga 2025 ditargetkan akan bertambah sebanyak lima juta orang.
"Sampai 2015, direkomendasikan peningkatan jumlah wirausaha baru 500 ribu per tahun atau lima juta hingga 2025," kata Darmin Nasution, dalam acara 'Global Entrepreneurship Week' di Jakarta, Senin 12 November 2012.
Bank Indonesia, mulai tahun ini melakukan program kerja 'Penciptaan Wirausaha Baru'. Sebagai proyek percontohan program ini, selain dilaksanakan di kantor pusat BI juga dilaksanakan di tujuh Kantor Perwakilan Bank Indonesia yaitu Surabaya, Bandung, Semarang, Makassar, Denpasar, Palembang dan Yogyakarta, dengan target kelompok yang dipilih adalah mahasiswa, eks Tenaga Kerja Indonesia dan juga masyarakat umum. 
Khusus untuk di kantor pusat, target yang dipilih adalah kelompok mahasiswa dari empat perguruan tinggi yaitu Universitas Indonesia, Universitas Negeri Jakarta, Institut Pertanian Bogor, dan Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatulllah. 
Darmin mengaku bahwa pihaknya telah memberikan perhatian yang lebih untuk kegiatan wirausaha. Salah satunya dengan memberikan bantuan dana sosial senilai Rp3 miliar. Dana ini rencananya digunakan untuk membantu para wirausaha dalam mengembangkan usahanya. 
Bank Indonesia, kata Darmin, juga menyambut baik program tanggung jawab sosial sejumlah perusahaan seperti Ciputra Group yang memberikan perhatian lebih pada kegiatan wirausahawan muda. Sebab, kegiatan ini dapat memajukan kegiatan ekonomi Indonesia.  

Viva News

Tidak ada komentar:

Posting Komentar